-->

ALAT SEDERHANA UNTUK PRODUKSI BAGLOG JAMUR TIRAM

Campuran Media Baglog Dalam awal pembuatan campuran media baglog takaran sungguh sangatlah penting untuk di perhatikan dari segi air , Nutrisi / katul dan kandungan kapur Sehingga akan di dapatkan takaran yang pas untuk sebuah media baglog . 
   Dan untuk pemula di haruskan untuk tidak asal – asalan dalam melakukan pencampuran media , sebab bisa terjadi kontam apabila baglog terlalu banyak nutrisi dan kurangnya kapur dan untuk tidak matangnya baglog saat sterilisasi. Dan saat pencampuran media terlalu banyak air bisa juga terjadi kontam di karnakan bibit tidak bisa merambat, karna terlalu basah.
    Untuk alat sederhana , Alat apa sajakah yang di perlukan untuk pencampuran media ,Tingkat pemula .
  • TERPAL                                                                                                   Di gunakan sebagai tempat pengadukan media serbuk dll.
  • AYAKAN,                                                                                                 Di gunakan sebagai ayak serbuk , dengan tujuan agar tidak terjadi plastik yang sobek akibat kayu yang agak besar .
  • CANGKUL , SKROP,                                                                                 Di gunakan untuk mengaduk serbuk .
  • TIMBA ,                                                                                                   Di gunakan untuk mengangkut air.
     Itulah alat – alat sederhana saat belajar buat media baglog jamur , Setelah pencampuran media selsai dengan takaran biasa di banyak artikel 2 yang lain , Saat di genggam media tidak pecah atau bubar dan saat di genggam tidak meneteskan air , Itu berarti takaran anda sudah pas dan siap untuk tahap pengomposan , untuk pemula baiknya sehari semalam dan untuk yang sudah biasa semalam juga bisa.

Semanding photo
    Setelah media dikompos tibalah saatnya di masukan ke dalam plastik tebal anti panas , bukan berarti anti api,,,,,,. Dengan ketebalan paling minim 0,4 dan panjang 35, 36, 38, 40. dengan lebar rata – rata 18, 17 cm . Dan saat media di masukan ke dalam plastik akan terlihat putih di mana proses pengomposan telah berhasil .
     Saat nya proses pemadatan media serbuk ke dalam plastik yang sering di sebut ngelog , Dalam proses ngelog kepadatan suatu baglog sangatlah penting , Semakin padat suatu baglog maka akan semakin lama juga waktu afkir untuk pergantian baglog baru , Akan tetapi jika suatu baglog terlalu padat , Akan mempengaruhi juga pada saat penyetimaan , Di karnakan kepdatan suatu baglog mempengaruhi lama tidak waktu seterilisasi ,Masak atau tidaknya baglog tersebut dikarnakan terlalu padat , Jadi lebih baik tidak terlalu padat yang sedang - sedang saja .
   
   Masuk pada proses selanjutnya yaitu sterilisasi , pengukusan media jamur dengan cara di stem / kukus dengan tong bekas untuk pemula , dengan kapasitas 100 baglog atau lebih dan untuk tingkat produsen bisa sampai 1000 bahkan lebih . Untuk keterangan tentang proses sterilisasi akan di bahas di blog selanjutnya . Salam jamur

0 Response to "ALAT SEDERHANA UNTUK PRODUKSI BAGLOG JAMUR TIRAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel