-->

JAMUR TIRAM

 Menjadi Petani Jamur Sukses – Bisnis yang satu ini memang agak jarang di lakoni untuk sebagian orang karna di perlukan tempat yang luas dan perawatan yang agak menyita waktu dan perputaran uang yang cukup lama, untuk budidaya tingkat kecil.

  Tingkatan patani JAMUR tingkatan petani kecil yakni dengan menanam 500. 1000 ,2000 , Menanam baglog dengan jumlah demikian anda tidak bisa menggantungkan hidup anda dengan pendapatan dengan menjual jamur dari hasil baglog di tersebut.
    Dikarnakan hasil dari jamur tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan anda sehari – hari , Misalkan harga jamur tingkat pengepul 12.000 JATIM    Harga baglog daerah Jawa Timur Rp.2000,2100,--2500. Apa yang anda peroleh sangat minim , Belum lagi hama ulat gurem dsb. Untuk hasil dari baglog jamur yang di keluarkan rata – rata 1/3 berat baglog . 








   Satu baglog berbobot 1,2 kg dan menghasilkan 350 gram jamur, Dengan harga jamur 12000/ kg anda memperoleh hasil satu baglog Rp.4200. Jika anda menanam 1000 baglog anda memperoleh hasil. Rp. 4200.000, dikurangi modal beli baglog Rp.2000.000, jadi anda mendapatkan hasil bersih selama 3 bln adalah Rp.2200.000, selama 3 bulan.    Itu jika baglog di rawat dengan baik dan poin penting jamur harus terjual.  Bedalagi kalau anda jago jualan tanpa mengandalkan pengepul ,anda bisa menjual jamur anda dengan harga Rp. 20.000 misal, Di kemas sendiri per onz , atau di olah menjadi jamur krispi dengan harga 80 k / kg bisa juga. Jadi jika anda ingin berbisnis dan sukses di jamur anda harus ulet dan sabar dan apabila anda masih kerja tidak ada salahnya di gunakan sebagai bisnis sampingan anda, apabila anda memiliki lahan kosong di samping rumah perkebunan yang setiap di tanami tidak membuahkan hasil. 
      Untuk anda yang ingin berhenti bekerja dan ingin berbisnis jamur anda setidaknya harus mempunyai minim 6000 baglog . Dan setiap minggu atau sebulan harus di ganti dengan baglog yang baru agar pasokan jamur ke pasar tidak terputus.
    Tahapan apa saja yang anda harus ketahui yang anda harus siapkan sebelum terjun dalam dunia jamur ini
       
     
  1. Niat
    Dengat niat yang kuat usaha anda akan kuat , walaupun anda jatuh tetap angkit lagi , Jangan di karnakan tetangga anda , teman anda sukses di jamur anda lantas ikut – ikutan ketahui dulu dasar - dasar / ilmu jamur jangan asal action.                                                  
  2.  Pasar                                                                                       Anda harus mengetahui kondisi lapangan / pasar seberapa besar   pasar tersebut menyerap jamur / minat pembeli terhadap jamur. 
  3.  Lahan
    Lahan adalah point terpenting dalam usaha ini semakin luas lahan anda semakin banyak jamur yang anda panen.
  4. .Kumbung                                                                                        Kumbung adalah rumah / tempat tumbuh jamur yang di dalam terdapat rak – rak untuk tempat baglog dan dalam suatu kumbung haruslah dingin dan lembab.  
  5.  Perawatan baglog                                                                  Perawatan baglog juga di perlukan untuk mencapai target hasil panen dan pembukuan untuk mengetahui hasil akhir panen apakah kita rugi atau untung  dan saatnya untuk pergantian log baru.     
  6. Pengendalian hama                                                                            Salah satu penyebab petani jamur banyak yang gugur bangkrut  adalah hama , hama ini menyerang baglog memakan miselium yang menyebabkan jamur tidak tumbuh , biasanya hama menyerang di panen ke 2 hama ini adalah ulat , gurem . Biasanya yang paling umum adalah ulat dan jika ada gejala hama ulat di dalam baglog anda bersihkan lalu semprot dengan obat pestisida . Semprot 2 sampai 3 kali , sore semprot pestisida pagi semprot dengan air agar tidak terjadi kontak terhadap pinhead / tunas jamur yang baru tumbuh. Biasanya kalau terlau banyak di semprot pestisida pinhead akan layu kriting dan mati.
  7.                
      Baik itulah tahapan yang harus anda ketahui untuk petani jamur pemula .
                                                                                                          Untuk menjadi petani jamur mandiri yang bisa membuat baglog jamur sendiri , bibit sendiri , apa saja yang di perlukan saya akan terangkan di Blog selanjutnya, salam jamur .

0 Response to "JAMUR TIRAM "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel