-->

STERILISASI BAGLOG JAMUR UNTUK PEMULA

proses sterilisasi dalam pembuatan media jamur adalah point penting , Bahkan paling penting untuk keberhasilan dalam proses dasar pembentukan miselium jamur tiram , Di karnakan apa, miselium jamur tiram sangatlah lemah di bandingkan dengan jamur liar , Sehingga di perlukan waktu yang cukup lama untuk proses sterilisasi.





   Dalam proses ini di perlukan waktu yang cukup lumayan lama untuk sebuah alat sederhana misalkan DRUM bekas , yaitu sekitar 8 – 9 jam dan itu di hitung ketika air sudah mendidih .
  
  Untuk prosess sterilisasi sederhana menggunakan drum bekas anda hanya akan mengeluarkan biaya yang cukup sedikit di bandingkan alat seterilisai dari pabrik dengan harga jutaan yang menggunakan timer , penukur suhu dan lainya , akan tetapi pointnya sama mengukus dengan waktu yang lama untuk mematikan bakteri yang dapat menumbuhkan jamur – jamur liar .
  Oke apa saja yang anda harus beli untuk sebuah alat seterilisasi baglog jamur tiram dengan biaya seminim mungkin.

  • DRUM BEKAS
    Ya yang pertama yang anda harus beli adalah tong bekas, di mana belinya di bukalapk , shopee , ,, eh jangan kasihan kurirnya,. Carilah di pabrik kosmetik atau apalah soalnya drum bekas cairan kosmetik agak tebal di bandingkan tong bekas oil pertamina.


  • PLASTIK PENUTUP TONG
    Untuk plastik pentup tong bisa di beli di toko bangunan atau toko plastik , Plastik ini agak tebal dan berbentuk lingkaran memanjang dengan diameter lingkaran 1 m / 1, 20 meter . 
  • KARET BAN
    Di gunakan sebagai pengikat antara plastik dengan tong, Tali ini agak flexibel dan kuat untuk mengikat dan menutup ruang – ruang sela plastik sehingga uap tidak keluar.

   Untuk pengapian bisa menggunakan kompor atau kayu bakar , Dan untuk takaran air di dalam tong untuk pengukusan 8 – 9 jam adalah 2 timba besar full atau 20 liter air kurang lebih.
Untuk lebih jelasnya silahkan bertanya di kolom komentar. Salam Jamur

0 Response to "STERILISASI BAGLOG JAMUR UNTUK PEMULA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel