-->

CARA BUAT BAGLOG JAMUR

      BAGLOG JAMUR  setelah lama kita membeli baglog atau media tanam jamur dari orang lain, bermitra dengan orang dan mulai terbenak di pikiran anda bagaimana cara membuat media tumbuh jamur itu sendiri dan tanapa tahu resiko kegagalan / kontam yang akan terjadi .     
      Tetapi dari situlah anda mendapatkan pengalaman , ilmu , pahit manisnya dunia jamur , di sini saya akan menjelaskan secara detail, komposisi baglog saat musim hujan , musim kemarau media yang di pakai ,kayu keras ataukah kayu lunak , sengon atau kayu campur /kayu lokal menyebutnya.
    Pembuatan baglog jamur menggunakan kayu CAMPUR/ KAYU LOKAL.
Untuk produsen baglog memang kebanyakan memakai kayu sengon sebagai media bahan baglognya , Dikarnakan bahanya yang lunak ,mudah lapuk , perambatan miselium cepat ,tidak terlau lama waktu seterilisasi dan mudah untuk di jadwalkan kapan siap baglog di kirim ke mitra. 
      Sedangkan kayu CAMPUR /KAYU LOKAL membutuhkan penanganan agak kusus Yaitu:
1. Pencampuran agak rata.
2. Penambahan nutrusi agak lebih banyak untuk membantu proses              pelapukan.
3. Pengomposan media agak lebih lama.                                                  4. Penambahan kapur lebih banyak saat musim  penghujan dan                    sebaliknya.
5. Pengepressan jangan terlalu padat ,itu di   fungsikan untuk                      mempercepat  perambatan  misel  dan percepatan saat waktu                  sterilisasi.                                                                                      6.Pembibitan agak di perbanyak untuk mencegah tidak merambatnya           misel.
   
    Dan untuk kayu SENGON / KAYU LUNAK lainya sama halnya dengan kayu keras . Pencampuran , pengomposan , seterilisasi dan seterusnya. Cuman ada kelebihan di kayu sengon ini dari segi cepatnya pelapukan perambatan misel dan ada kandungan nutrisi alami yang terdapat dari kandungan pohon sengon tersebut, Akan tetapi harga lebih mahal kayu sengon di banding kayu lokal. 
  Komposisi baglog sama halnya pada umumnya , tetapi ini fersi saya ;
Fersi konsumsi sendiri saya menggunakan komposisi standart.
  • 100 kg serbuk
  • 10 kg katul
  • 1 ½ kapur / Calsium carbonat ( kemarau )
  • 2 kg kapur ( hujan)
  • air

Fersi jual mitra .
  • 100 kg serbuk
  • 12-13 kg katul
  • 2 kg kapur
  • air
    Untuk penambahan tepung jagung tidak di gunakan karna rawan terjadi kontam .

      Dan untuk yang belajar buat baglog sendiri apa saja yang di perlukan dan apa yang harus di dahulukan .
  • Carilah penggergajian kayu terdekat , karna itu adalah hal yang paling penting dalam pembuatan baglog untuk pemula , karna tidak mungkin anda pingin belajar belum bisa apa- apa langsung beli serbuk satu truck.
  • Pergilah ke petani / produsen terdekat . Apakah di situ jual bibit atau plastik baglog , sambil melihat proses pembuatan atau aktifitas pabrik. Jangan tanya bagaimana cara buat itu buat ini,, ke penjual karna itu privasi penjual, cukup lihat dengan seksama . Aktivitas pabrik..
  • Untuk sterilisasi buat pemula belilah TONG bekas , untuk harga umum Rp. 100 k
    Baik bahan sudah di dapat alat sudah di dapat , Setelah itu kita siap untuk proses pencampuran media. Dan saya akan terangkan di blog berikutnya , Salam Jamur.

0 Response to "CARA BUAT BAGLOG JAMUR "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel